Wednesday, March 28, 2012

BBM Naik, WOY!

Di TV, Koran, Radio, Internet, gosip, dimana-mana ngomongin soal BBM naik. Bosen dengernya. Akhirnya ujung-ujungnya demo. Kalo unjuk rasa sih boleh-boleh aja, ga ada yang bakal ngelarang, itu kan memang sudah ada haknya. Tapi, kalo unjuk rasa terus ujung-ujungnya anarkis? Sekarang kan ga semua orang yang unjuk rasa itu damai. Weh, parah tuh. Unjuk rasa ga gitu-gitu juga kali.

Saat ini, coba liat Venezuela, bensinnya murah banget. Berapa coba? kasih tau ga ya? Okeh, untuk di Venezuela sendiri, harga bensin itu Rp 458/liter nya. Busyet, murah amat kan? Ya itu mungkin negara penghasil minyak. Eh, ga tau ding, saya juga ga tau.

Di Indonesia, tanggal 1 April nanti, BBM bakal naik jadi Rp 6000. Kalo ga salah sih segitu. Cuma kalo mau yang pasti, liat tv atau baca radio aja.

Nah, ada beberapa negara yang harga bensinnya bener-bener bikin saya geleng kepala. Nih dia -->

1. Prancis, di Prancis, harga bensin yaitu Rp 17.000 untuk perliternya
2. Denmark, di Denmark, harga bensin yaitu Rp 17.300 untuk perliternya
3. Yunani, di Yunani, harga bensin Rp 17.700 untuk perliternya
4. Norwegia. Di Norwegia, harga bensin Rp 18.300 untuk perliternya
5. Belanda. Di Belanda, harga bensin Rp 18.400 untuk perliternya
6. Turki. Di Turki harga bensin Rp 21.800 perliternya
7. Eritrea. Saya juga gatau Eritrea ada dimana. Dan nama negaranya juga kalo ga salah Eritrea. Jangan salahin saya kalo salah. Ok, di negara ini, harga bensinnya yaitu Rp 22.000 perliternya. Gila kan? coba kalo Indonesia harga bensinnya segitu? -____-

Dengan adanya kenaikan bensin, harusnya juga dibuat jadi pelajaran untuk diri sendiri deh. Coba lebih hemat. Coba beralih dari mobil, ke becak, bahkan sepeda atau pejalan kaki. Selain hemat, sehat juga kan? Memang sih susah, dari kendaraan bermotor berpaling ke kendaraan sederhana seperti itu. Minimal, kalo mau jalan ke yang deket-deket, jalan kaki atau naik sepeda, deh. Jaman sekarang kan, orang mau ke daerah yang deket aja naik mobil atau naik motor. Alesannya gengsi, cape, takut kena debu, tak masuk akal..

Coba jadikan ini sebagai pelajaran, wehei, Mantap!

No comments:

Post a Comment