Monday, March 26, 2012

Liburan Atau Belajar Di Rumah

Jadi, seminggu ini, saya libur. Soalnya kakak-kakak kelas 9 lagi pada UAS. Semoga hasil UASnya bukan cuman memuaskan, tapi bagus-bagus, Amin.

Okeh, sebelum libur, guru-guru berpesan, kalau ini bukan liburan, tapi 'belajar di rumah'. Selama 'belajar di rumah', jangan lupa menengok, atau membuka bukunya. Sebenernya, pesan itu mudah untuk dikerjakan. Simple banget. Kita tinggal menengok dan memalingkan muka kita ke buku pelajaran tersebut. Kemudian kita tinggal. Atau, kita hanya tinggal membuka buku tersebut, lalu kita tinggalkan buku itu sendirian. Simple kan?

Sejenak saya pun pernah berfikir. Kenapa rata-rata guru-guru menyebutnya 'belajar di rumah', bukan liburan biasa. Menurut saya, pasti rata-rata muritnya juga memanfaatkan liburan sebagai refreshing, bukan dengan tugas-tugas yang menumpuk. Mungkin murid-muridnya lagi pada nonton, film yang lagi ramai diperbincangkan sekarang ini. Contohnya The Raid, atau The Hunger Games. Atau mungkin ada yang seperti saya, tepatnya menunggu kapan film-film itu bakal main di Cirebon? The Hunger Games mending, itu film barat, masuk ke Cirebon suka lama. Ini sih The Raid, film Indonesia. Orang udah serempak main di 4 negara (Indonesia, Kanada, Australia, Amerika Serikat), masa di Cirebon belom? sabar aja deh.

Atau mungkin muridnya ada yang gowes, basket, atau bermain bulu tangkis seperti saya. Blogging dan tidak menyentuh buku pelajaran.

Saya tau. Baca itu penting. Seperti istilah "Buku adalah jendela dunia", saya akui itu benar. Tapi, murid yang tidak membaca buku pelajaran bukan berarti murid yang malas. Karena, belajar itu bukan hanya dari buku. Tapi dari kehidupan sehari-hari. Setiap hembusan nafas. Setiap kedipan mata. Setiap langkah kaki kita. Semua yang kita lihat, itu adalah pelajaran bagi kita.

Belajar juga bukan itu aja, kok caranya. Bisa dari INTERNET. Bisa menggunakan Facebook atau Twitter sebagai media sosial untuk belajar bagaimana kita harus bersosialisasi dengan seseorang. Ada juga kan sekarang akun twitter yang khusus membahas ilmu pengetahuan?

Maaf kalo saya numpang curhat. Karena ini juga kan blog-blog saya sendiri. Maaf kalo ga ngerti omongan saya. Ocehan saya yang ga jelas ini. Tapi yang jelas, pesan saya, belajar itu bukan cuman dari buku pelajaran. Udah, titik...

No comments:

Post a Comment